Disnaker Kota Tangerang Gelar Pelatihan Digital Content Creator untuk Wartawan HIWATA
Disnaker Kota Tangerang

By Redaksi 30 Sep 2024, 18:54:21 WIB Sekitar Kita
Disnaker Kota Tangerang Gelar Pelatihan Digital Content Creator untuk Wartawan HIWATA

Keterangan Gambar : Istimewa


MATANEWS, Tangerang - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang kembali mengadakan pelatihan digital bertema "Content Creator", yang kali ini diikuti oleh puluhan awak media yang tergabung dalam Himpunan Wartawan Tangerang (HIWATA). Pelatihan ini menjadi agenda kedelapan yang diadakan oleh Disnaker, dan berlangsung di Aula II Gedung Pemuda DPD KNPI Kota Tangerang, mulai dari 24 hingga 25 September 2024.

Pembukaan acara dilakukan oleh Plh. Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Kota Tangerang, H. Ruta Ireng Whicaksana, didampingi oleh Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Kabid Pentaker), Irpan. Ruta menyatakan pentingnya pelatihan ini untuk mendukung perkembangan berbagai sektor, termasuk pedagang, influencer, dan media massa.

"Pelatihan Content Creator ini bisa diterapkan ke semua bidang, baik untuk pedagang, influencer, maupun media massa," ujar Ruta kepada awak HIWATA pada hari pertama pelatihan, Selasa (24/9/2024).

Baca Lainnya :

Dalam pelatihan yang berlangsung selama tiga hari, peserta mendapatkan materi dari instruktur profesional dari Lembaga Pendidikan Digital Marketing (LPK) GeTI Incubator, untuk menguasai teknik digitalisasi di berbagai platform media sosial. Pelatihan ini tidak hanya bersifat teoritis, namun juga akan disertai ujian praktek serta sertifikasi digital pada 30 September 2024 di Kantor GeTI Incubator Serpong.

Ruta menambahkan bahwa pelatihan kali ini merupakan yang perdana untuk para wartawan. "Visi kami di media adalah menyampaikan berita secara singkat, menarik, dan mudah dipahami oleh audiens. Melalui pelatihan ini, teman-teman wartawan bisa mempelajari strategi penyampaian berita yang efektif dalam bentuk konten digital," tambahnya.

Siswadhi Pranoto Loe, Owner LPK GeTI Incubator, menjelaskan bahwa program inkubasi ini tidak hanya memberikan keterampilan kepada wartawan, tetapi juga diharapkan mampu mendorong UMKM untuk bertransformasi digital. “Kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan para ahli digital ini merupakan langkah nyata untuk membawa UMKM Indonesia ke panggung internasional,” jelas Siswadhi.

Ia juga berharap program ini bisa membantu Indonesia mencapai visinya sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, dengan UMKM sebagai motor penggeraknya. "Program ini bertujuan untuk mendukung UMKM agar tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang di era digitalisasi global," tutupnya.

Pelatihan ini menjadi bagian dari upaya Pemerintah Kota Tangerang untuk terus mendukung transformasi digital di berbagai sektor, terutama media dan UMKM. (Red)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment