Kontroversi Politik Uang: Diduga Keterlibatan Caleg Inggu Sudeni dari PKS
Pemilu 2024

By Redaksi 23 Feb 2024, 21:57:13 WIB Politik
Kontroversi Politik Uang: Diduga Keterlibatan Caleg Inggu Sudeni dari PKS

Keterangan Gambar : Caleg DPRD Kota Sukabumi, Inggu Sudeni


MATANEWS, Sukabumi - Pesta demokrasi Pemilihan Umum pada tanggal 14 Februari 2024 di Indonesia menyisakan cerita kontroversial terkait dugaan politik uang, salah satunya melibatkan Caleg DPRD Kota Sukabumi, Inggu Sudeni dari partai PKS.

Konflik bermula di kampung Cikondang, kelurahan Cikondang, kecamatan Citamaing, Kota Sukabumi, tempat terjadinya dugaan penyebaran uang serangan fajar oleh kader Posyandu bernama Ade, Iis, Eni, dan Ica. Mereka diduga mendapatkan uang dari koordinator pemenangan Inggu Sudeni, Hendra alias Henhen, ketua RW02 Kelurahan Cikondang.

Dilaporkan bahwa uang serangan fajar tersebut dibagikan oleh para ibu-ibu kader Posyandu kepada warga masyarakat untuk mencoblos nama Inggu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing. Praktik ini diduga melanggar Pasal 278 ayat (2), 280 ayat (1) huruf j, 284, 286 ayat (1), 515, dan 523 UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Baca Lainnya :

Pelanggaran Hukum dan Ancaman Pidana

Serangan fajar atau politik uang di masa tenang pemilu dianggap sebagai tindakan pidana. Pelaku politik uang dapat dijerat Pasal 278 ayat (2), 280 ayat (1) huruf j, 284, 286 ayat (1), 515, dan 523 UU No. 7 Tahun 2017. Ancaman pidana yang dikenakan adalah kurungan penjara paling lama empat tahun dan denda paling banyak Rp 46 juta.

Dalam mengonfirmasi kebenaran informasi tersebut, tim media Jaya Pos dan Matanews turun ke lapangan dan melakukan wawancara langsung dengan sejumlah warga. Beberapa warga, seperti Yayah, Eem, Restu, Agus, Mariah, Elin, dan Enah, mengakui menerima uang sebesar 100 ribu rupiah per orang untuk mencoblos nama Inggu dari PKS.

Respons dari Tim Sukses Caleg Inggu Sudeni

Pihak Tim Sukses Caleg Inggu Sudeni dari partai PKS, yang diwakili oleh Agus, saat di konfirmasi oleh tim media, menyatakan bahwa semua usaha yang dilakukan merupakan ketentuan dari partainya. "Itu bukan urusan saya tapi urusan partai," ucap Agus di Pendopo Sukabumi, Jawa Barat.

Menghadapi dugaan ini, awak media berencana untuk mengkonfirmasi pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (GAKKUMDU) Kota Sukabumi yang bertanggung jawab menangani pelanggaran tindak Pidana Pemilu.

Sebagai bagian dari tatanan demokrasi, kasus politik uang seperti ini menimbulkan keprihatinan dan menuntut penanganan tegas dari pihak berwenang untuk menjaga integritas dan keberlanjutan demokrasi di Indonesia. (Ajy)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment