Investigasi Ungkap Data Pribadi Pengguna Facebook Dikirim ke Ribuan Perusahaan
Facebook

By Redaksi 22 Jan 2024, 10:48:36 WIB Teknologi
Investigasi Ungkap Data Pribadi Pengguna Facebook Dikirim ke Ribuan Perusahaan

Keterangan Gambar : Facebook


MATANEWS, Jakarta - Badan Pengawas Konsumen Consumer Reports melakukan investigasi yang mengungkapkan bahwa data pribadi pengguna Facebook dikirim ke ribuan perusahaan. Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa sekitar 200.000 perusahaan menerima data pribadi pengguna Facebook.

Hasil penelitian ini diperoleh setelah melibatkan lebih dari 700 pengguna Facebook sebagai sukarelawan. Temuan menunjukkan bahwa rata-rata data setiap peserta dikirim ke jejaring sosial oleh 2.230 perusahaan. Seorang pengguna bahkan mengumpulkan data dari hampir 48.000 perusahaan.

Consumer Reports menyebut bahwa data pribadi yang dikumpulkan mencakup informasi tentang kebiasaan membeli pengguna, digunakan sebagai bagian dari teknik pelacakan "server-ke-server". Informasi ini dikirim dari server perusahaan ke server Meta, dan selanjutnya, Meta menentukan iklan mana yang akan dikirim ke pengguna berdasarkan preferensi mereka.

Baca Lainnya :

Temuan ini muncul di tengah laporan tentang kemungkinan pergantian CEO Meta, Mark Zuckerberg, dalam gugatan di Texas terkait penggunaan teknologi pengenalan wajah tanpa persetujuan konsumen.

Penelitian juga menemukan bahwa 96% data yang dikirim dikumpulkan oleh pialang data, yang menjualnya kepada pelaku bisnis, pengiklan, dan pemasar. Data ini juga dikumpulkan oleh peritel besar seperti Home Depot, Walmart, dan Amazon.

Praktik monetisasi data pengguna oleh Facebook, di mana informasi dijual kepada pengiklan untuk menyesuaikan penawaran mereka, telah memicu kritik dan kemarahan. Pada November, Dewan Perlindungan Data Eropa memperluas larangan terhadap iklan perilaku di Facebook dan Instagram ke seluruh Uni Eropa dan Wilayah Ekonomi Eropa. (Red)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment