Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024
Kementerian Agama

By Redaksi 10 Mar 2024, 14:15:09 WIB Dunia Islam
Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024

Keterangan Gambar : Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024


MATANEWS, Jakarta - Kementerian Agama Indonesia akan menyelenggarakan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024. Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama di Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, akan menjadi lokasi pelaksanaan sidang ini.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin, menyatakan bahwa kegiatan ini akan diadakan secara hybrid, menggabungkan format daring dan luring. Sidang Isbat dianggap sebagai salah satu layanan keagamaan untuk memberikan kepastian kepada masyarakat terkait pelaksanaan ibadah Ramadan. Pernyataan ini disampaikan dalam Rapat Persiapan Penetapan Awal Ramadan di Jakarta pada Senin, 19 Februari 2024.

Adib, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, menambahkan bahwa sidang ini akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. Dalam sidang ini, para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam juga akan hadir. MUI dan Komisi VIII DPR RI diundang untuk turut serta.

Baca Lainnya :

Sidang Isbat akan terbagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi) oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag. Pemaparan ini akan dimulai pada pukul 17.00 WIB dan disiarkan secara langsung di Channel YouTube Bimas Islam.

Tahap kedua merupakan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan yang akan digelar secara tertutup setelah Salat Magrib. Sidang ini akan merujuk pada hasil rukyatulhilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Tahap ketiga adalah konferensi pers hasil sidang isbat yang juga akan disiarkan melalui media sosial Kemenag. Adib menekankan bahwa proses ini bertujuan untuk memberikan informasi yang transparan dan dapat diakses oleh masyarakat luas.

Dengan pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan, Kementerian Agama berharap dapat memberikan kejelasan kepada masyarakat terkait awal bulan Ramadan 1445 H, yang menjadi momen penting dalam kalender keagamaan umat Islam. (Wly)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment