Bakamla RI Kolaborasikan Pengawasan Intern APIP Instansi Terkait dalam Rakorwas 2024
Bakamla RI

By Redaksi 01 Mar 2024, 17:34:01 WIB Nasional
Bakamla RI Kolaborasikan Pengawasan Intern APIP Instansi Terkait dalam Rakorwas 2024

Keterangan Gambar : Bakamla RI Kolaborasikan Pengawasan Intern APIP Instansi Terkait dalam Rakorwas 2024


MATANEWS, Jakarta - Bakamla RI, untuk pertama kalinya, mengadakan Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) Tahun 2024 dengan tema "Sinergi dan Kolaborasi Pelaksanaan Intern untuk Penguatan Bakamla RI yang Bersih, Transparan, dan Akuntabel". Kegiatan ini menyoroti pengawasan intern oleh APIP Instansi terkait, terutama pada pelaksanaan patroli bersama. Rakorwas dibuka oleh Sestama Bakamla RI, Laksda TNI Tatit E. Witjaksono, di Aula Ary Hasibuan Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, pada Kamis (29/02/2024).

Dalam rangka mendukung tugas dan fungsi Bakamla RI dalam menghadapi ancaman dan tantangan keamanan maritim Indonesia melalui pelaksanaan patroli bersama, peran serta dan kerja sama Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) menjadi kunci. Mereka mengawasi kegiatan patroli untuk mencapai transparansi dan akuntabilitas dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban pengelolaan anggaran Bakamla RI.

Rakorwas ini melibatkan tiga narasumber ahli, antara lain Pemeriksa Ahli Madya BPK RI Dr. Seneng Rilanto, membahas langkah-langkah untuk mendukung sinergi dan kolaborasi pengawasan intern. Kasatgas Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK, Indira Malik, membahas Pengendalian Gratifikasi untuk Penguatan Bakamla RI yang Bersih, Transparan, dan Akuntabel. Direktur Pengawasan Bidang Hankam BPKP, Yan Setiadi, memberikan paparan tentang Mekanisme Pengawasan APIP antar Instansi.

Baca Lainnya :

Inspektur Bakamla RI, Laksma Bakamla Mulyono, memberikan paparan mengenai Evaluasi Kegiatan T.A. 2023. Dia juga mengajak para APIP instansi terkait, seperti Kemenko Polhukam, Kemenhub, Kemenkeu, AL, KKP, dan Polri, untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi dalam pelaksanaan pengawasan patroli bersama.

Bakamla RI berharap bahwa kolaborasi yang kuat antara instansi terkait akan meningkatkan integritas dan efektivitas pengawasan, memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat. (Wly)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment