Polisi Lakukan Olah TKP Kebakaran Kapal KM Umsini di Dermaga Pelabuhan Makassar
Polda Sulawesi Selatan

By Redaksi 13 Jun 2024, 12:12:38 WIB Nasional
Polisi Lakukan Olah TKP Kebakaran Kapal KM Umsini di Dermaga Pelabuhan Makassar

Keterangan Gambar : Istimewa


MATANEWS, Makassar - Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sulsel yang dipimpin oleh Kompol Wiji Purnomo dan Tim Identifikasi Forensik (Inafis) Polda Sulsel yang dipimpin oleh AKP Evi, melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait kebakaran kapal penumpang KM Umsini. Kebakaran ini terjadi di Dermaga Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar pada Minggu pagi.

Olah TKP tersebut dihadiri oleh Wakapolres Pelabuhan Makassar Kompol Sugeng Suprijanto, Kapolsek Soekarno Hatta AKP A. Awad, dan Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Makassar Iptu Firman. 


Baca Lainnya :

Kasi Humas Polres Pelabuhan Makassar, Iptu Hasrul, menyampaikan bahwa olah TKP dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab kebakaran yang menghanguskan KM Umsini. "Saat ini, tim Labfor Polda Sulsel masih berada di atas kapal KM Umsini melakukan olah TKP," ujar Hasrul. "Polres Pelabuhan masih menunggu hasil dari Inafis dan Labfor Polda Sulsel," tambahnya.

Tim Inafis Polda Sulsel merekonstruksi 16 adegan, sementara Tim Labfor Polda Sulsel melakukan 18 adegan dengan membawa sampel sisa kebakaran dari dek 3 kapal KM Umsini. 


Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Makassar, Iptu Firman, menambahkan bahwa pihaknya mendampingi Tim Labfor dan Inafis Polda Sulsel selama olah TKP. Pemeriksaan difokuskan pada titik awal munculnya percikan api, yaitu di dek satu ruang mesin kapal. "Kondisinya memang sepintas itu hangus," kata Firman. "Tapi nantilah kita tunggu hasilnya. Ada beberapa sampel diamankan. Yang jelas ada beberapa memang bagian-bagian yang hangus terbakar," lanjutnya.

Tim Inafis dan Labfor mulai melakukan olah TKP dari pukul 09.00 WITA hingga 16.00 WITA. Selain olah TKP, pihak kepolisian berencana memeriksa beberapa saksi, termasuk Kapten kapal dan bagian mesin. "Saksi-saksi yang diperiksa rencana ada beberapa. Seperti Kapten dan bagian mesin. Itu pasti diinterogasi. Baru hari ini rencananya kita periksa," pungkas Firman. (Wly)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment