Ditlantas Polda Jatim Siapkan Persiapan dan Inovasi untuk Mudik Lebaran 2024
Ditlantas Polda Jawa Timur

By Redaksi 20 Mar 2024, 13:59:21 WIB Daerah
Ditlantas Polda Jatim Siapkan Persiapan dan Inovasi untuk Mudik Lebaran 2024

Keterangan Gambar : Kombes Pol Komarudin Dirlantas Polda Jawa Timur


MATANEWS, Surabaya - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur telah menyiapkan serangkaian persiapan dan inovasi untuk menyambut musim mudik Lebaran 2024. Dirlantas Polda Jatim, Kombes Komarudin, menyampaikan bahwa persiapan tersebut dilakukan untuk memastikan kelancaran masyarakat dalam mudik di wilayah Jawa Timur.

Salah satu temuan baru yang diungkapkan adalah adanya titik lelah, yang sering diabaikan oleh masyarakat dan sering beririsan dengan blackspot atau titik rawan kecelakaan. Titik lelah di wilayah Jawa Timur, antara lain, terdapat di KM 575 hingga KM 580 Tol Ngawi.

Menurut Kombes Komarudin, Ditlantas Polda Jatim telah memetakan titik kemacetan atau troublespot serta titik potensi kecelakaan atau blackspot di wilayah Jatim. Langkah-langkah untuk mengatasi hal ini juga sedang ditentukan.

Baca Lainnya :

Ditlantas Polda Jatim sedang mengembangkan aplikasi Mahameru Quick Respon, sebuah peta pantauan kondisi lalu lintas yang terintegrasi dengan 730 kamera statis di setiap titik persimpangan jalan dan 53 kamera mobile oleh petugas. Melalui aplikasi ini, diharapkan polisi dapat menentukan tindakan yang lebih cepat dalam menangani kepadatan lalu lintas dan berbagai kejadian lainnya.

"Aplikasi ini juga akan diberikan kepada seluruh Kasat Lantas se-Jatim. Harapannya, mereka bisa saling pantau dan cepat merespons jika ada kemacetan maupun kejadian lainnya yang berpotensi mengganggu kelancaran lalu lintas selama mudik," ujar Kombes Komarudin.

Dengan persiapan dan inovasi ini, Ditlantas Polda Jatim berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat serta menjaga keamanan dan kelancaran selama periode mudik Lebaran 2024 di Jawa Timur. (Willy)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment