Kapolres Metro Jakarta Barat Lengkapi Tim Patroli Perintis Presisi dengan Bodycam
Polres Metro Jakarta Barat

By Redaksi 24 Sep 2024, 18:43:52 WIB Metropolitan
Kapolres Metro Jakarta Barat Lengkapi Tim Patroli Perintis Presisi dengan Bodycam

Keterangan Gambar : Istimewa


MATANEWS, Jakarta – Dalam rangka meningkatkan keselamatan dan transparansi kinerja kepolisian, Polres Metro Jakarta Barat melengkapi Tim Patroli Perintis Presisi dengan bodycam. Fasilitas ini diharapkan menjadi penunjang utama dalam menjaga keamanan dan keselamatan personel saat menjalankan tugas, terutama menjelang Pilkada Serentak 2024.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes M Syahduddi mengatakan, pembagian bodycam ini merupakan bagian dari persiapan pengamanan Pilkada dan sebagai upaya untuk meningkatkan akuntabilitas petugas di lapangan. “Dengan bodycam, polisi memiliki bukti otentik saat menjalankan tugas sehari-hari,” ucapnya pada Selasa (24/9/2024).

Syahduddi juga menyebut, langkah ini diambil dengan merujuk pada insiden beberapa hari lalu, di mana anggota Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya menjadi korban penyiraman air keras saat membubarkan aksi tawuran di wilayah Joglo Kembangan, Jakarta Barat.

Baca Lainnya :

Selain bodycam, para personel juga dibekali dengan helm dan rompi keselamatan. Sebanyak 500 helm, rompi, dan bodycam dibagikan kepada anggota patroli untuk menunjang keamanan dan efektivitas kerja mereka. "Pemberian peralatan ini adalah langkah nyata untuk memastikan bahwa setiap anggota Polres Metro Jakarta Barat siap menjalankan tugas dengan aman dan sesuai prosedur," kata Syahduddi.

Bodycam dinilai sebagai alat penting untuk memastikan transparansi, keamanan, dan akuntabilitas dalam pelaksanaan tugas kepolisian. Kamera yang terpasang di seragam petugas memungkinkan semua aktivitas terekam secara langsung. "Sehingga meningkatkan rasa aman, baik bagi petugas maupun masyarakat yang berinteraksi dengan kepolisian," jelas Syahduddi.

Selain itu, bodycam akan mempermudah proses penyidikan jika terjadi insiden di lapangan, memastikan setiap tindakan petugas sesuai prosedur yang berlaku. "Perlengkapan ini dirancang khusus untuk memberikan perlindungan maksimal, terutama dalam situasi berisiko tinggi," tambahnya.

Syahduddi menekankan pentingnya kesiapan fisik dan mental personel dalam menghadapi tugas besar seperti Pilkada. Dengan pemberian peralatan ini, diharapkan semangat para personel meningkat dan masyarakat dapat percaya bahwa kepolisian selalu berupaya maksimal dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

"Kami berkomitmen untuk memastikan kesiapan fisik dan peralatan yang memadai, sehingga pengamanan Pilkada Serentak 2024 dapat berjalan dengan lebih baik dan aman," tutup Syahduddi. (Wly)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment